Cidera Akibat Olahraga ? Jangan Khawatir

Tips pertolongan pertama pada cidera akibat olahraga

Sebelum kita tahu bagaimana menangani cidera akibat olahraga mari kita clearkan definisi olahraga terlebih dahulu. Karena ini banyak masyarakat yang masih memiliki presepsi bahwa olahraga hanya sekedar aktivitas fisik yang menghasilkan keringat.

Olahraga adalah aktivitas fisik yang memiliki tujuan tertentu dan dilakukan dengan aturan aturan tertentu secara sistematis seperti adanya aturan waktu, target, denyut nadi, jumlah pengulangan gerakan dll yang dilakukan dengan mengandung unsur rekreasi serta memiliki tujuan khusus tertentu yang bersifat overload.

Lalu bagaimana ketika di temui teman atau bahkan teman – teman sendiri cidera pada saat berolahraga, untuk mempermudahnya mari kita singkat dengan “PRICE” . Apa itu PRICE ? berikut penjelasannya :

  1. Yaps, memproteksi atau menjaga agar bagian tubuh yang cidera dari pergerakan atau kondisi yang akan memperparah cidera pada saat berolahraga.
  2. Rest atau Istirahat. Pada saat berolahraga terjadi cidera maka ya harus teman – teman lakukan adalah berisitirahat atau berhenti sejenak dari permainan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kondisi yang akan memperparah kondisi cidera.
  3. Yaitu diberikannya pertolongan cidera dengan menggunakan es dengan waktu 10 menit secara terus menerus. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya pelebaran pembuluh darah pada jaringan lunak.
  4. Compresion atau dalam bahasa indonesia disebut kompresi yaitu pemberian tekanan yang rata. Ini bertujuan untuk mencegah pembekakan yang berlebih. Kompresi bisa diberikan dengan menggunakan perban elastis, dll.
  5. Elevation, yaitu menaikkan anggota tubuh yang coidera agar dapat membantu pengembalian darah ke jantung. Ini dilakukan dengan memposisikan bagian tubuh yang cidera lebih tinggi dari jantu, sebagain contoh jika cidera di kaki maka elevasikan kaki dengan mengganjal bantal agar lebih tinggi dari posisi jantung.

Ya, PRICE merukan kepanjangan dari Protection, Rest, Ice, Compression, dan Elevation. Cara yang cukup mudah untuk dilakukan secara mandiri bukan ? Selamat Mencoba J .

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar